0217442301
087886662457
sanggaralle@gmail.com

SEJARAH MASKOT PIALA DUNIA

Saturday, June 9th 2018.
sejarah maskot

zabivaka-2018

Piala dunia pertama kali digelar adalah pada tahun 1930, dan pertama kalinya muncul maskot pada tahun 1966 saat diselenggarakan di Inggris. Tahun 2018 ini menjadi salah satu tahun besar bagi pesepak bola di dunia yang diselenggarakan oleh FIFA yang ke-21.

Yang menariknya yaitu di setiap penyelenggaraan piala dunia pasti memiliki maskot yang ikut meramaikannya. Maskot sendiri berfungsi menjadi salah satu media promosi agar gelaran tersebut semakin meriah akan hadirnya. Dibawah ini kita akan bahas satu persatu mengenai sejarah maskot piala dunia yang pernah ada.

Maskot Willie tahun 1966

Maskot ini berbentuk seperti singa, karena pada gelaran di tahun tersebut Inggris menjadi tuan rumah nya, dan semua telah mengetahui bahwa singa menjadi simbol khas bagi Inggris. Singa ini menggunakan Union Flag sebagai motif Jersey nya dan ditambahkan kalimat world cup di depannya. Maskot ini dirancang oleh salah satu ilustrator buku anak freelance reg hoye.

Maskot Juanito tahun 1970

Maskot ini menggambarkan sosok seorang anak laki-laki yang menggunakan jersey kit tim nasional mexico dan menggunakan topi sombrero yang identik dengan negara mexico. Dan di topi tersebut disematkan kalimat mexico 70. Karena pada saat itu gelaran tersebut mexico menjadi tuan rumahnya.

Maskot Tip and Tap tahun 1974

Pada tahun ini maskot digambarkan dengan dua sosok anak laki-laki yang menggunakan kit starter tim nasional Jerman. Ditambahkan kalimat WM atau eltmeisdterschaft dan ada nomor 74 di jersey nya. Maskot tip and tap menggambarkan tentang sebuah kebersamaan dan persahabatan.

Maskot Gauchito tahun 1978

Untuk turnamen piala dunia tiga kali secara beruntun penyelenggara memilih ikon anak kecil menjadi maskotnya yang menggambarkan anak muda yang sangat antusias. Pada maskot ini digambarkan seorang anak laki-laki memakai jersey kit tim nasional Argentina dan pada topinya bertuliskan Argentina 78, serta penambahan ornamen neckerfchief dan cambuk khas gauchos.

Maskot Naranjito tahun 1982

Negeri spanyol menjadi salah satu tuan rumah pada tahun itu. Maskot kali ini menggunakan buah jeruk. Karena buah yang khas yang ada pada negeri ini adalah buah jeruk. Dan lagi-lagi maskot menggunakan jersey kit tim nasional. Pemilihan nama naranjito berasal dari bahasa spanyol yang berarti jeruk dan sufiks kecil – ito.

Maskot Pique tahun 1986

Setelah sukses pada gelaran piala dunia tahun 1982 yang menggunakan buah sebagai maskotnya, kali ini piala dunia 1986 menggunakan cabai sebagai maskotnya yaitu cabai jalapeno yang menjadi khas di negeri meksiko. Pada maskot ini penyelenggara menambahkan topi sombrero menjadi ornamen penghiasnya. Dan kumis stereotip meksiko pada wajahnya.

Maskot Ciao tahun 1990

Maskot pada piala dunia di negeri pizza ini menjadi salah satu maskot yang cukup unik pasalnya bukan karakter anak kecil atau buah sayur maskotnya tetapi menggunakan figure stick dengan bole sebagai kepalanya dan pada bagian tubuhnya memiliki tiga warna yang menyimbolkan bendera Italia, pemilihan nama ciao diambil dari bahasa Italia yang berarti halo.

Maskot Striker tahun 1994

Diselenggarakan di negeri paman sam Amerika Serikat dan memilih anjing  sebagai maskotnya. Karena anjing disana menjadi salah satu hewan peliharaan yang familiar untuk dipelihara. Anjing tersebut menggunakan seragam sepak bola berarna merah, putih, dan biru sebagai 3 warna yang identik dengan warna benderanya. Dan ditambahkan kalimat USA 94 di jerseynya.

Maskot Footix tahun 1998

Pemilihan maskot pada tahu ini diambil dari simbol negara tersebut yaitu seekor ayam betina. Karena pada gelaran piala dunia 1998 negara perancis menjadi tuan rumah. Maskot footix menggambarkan seekor ayam betina dengan kepala berwarna kuning, tubuhnya berwarna biru, dan paruhnya berwarna kuning.

Maskot Ato, Kaz, dan Nik (The Spheriks) tahun 2002

Piala dunia dalam sejarah diselenggarakan di dua negara yaitu Jepang dan Korea. Maskot pada piala dunia ini dilambangkan 3 icon dan uniknya pengambilan nama maskot tersebut diambil dari tiga nama individu yang dipilih dari daftar pendek oleh pengguna internet dan dari gerai mc donalds di tuan rumah tersebut.

Maskot tersebut digambarksn sosok atau sebagai pelatih dan Kaz, Nik sebagai pemain. Pada gelaran piala dunia ini sosok maskot berperan sangat penting dalam industri berkontribusi menjadi selebriti dunia melalui perizinan dan merchandising resmi FIFA.

Maskot Goleo and Pille tahun 2006

Jerman pada tahun ini menjadi negara yang pernah menyelenggarakan piala dunia dua kali dalam sejarah FIFA. Yang pertama pada tahun 1974 dan tahun 2006 ini. Penyelenggara memilih karakter hewan singa menjadi ikon maskotnya dengan menggunakan kemeja jerman dan sosok pille sebagai bola yang bisa berbicara.

Maskot Zakumi tahun 2010

Zakumi adalah seekor macan tutul. Hewan ini memang menjadi salah satu binatang yang biasa ditemui di negara Afrika Selatan. Zakumi digambarkan dengan macan tutul yang rambutnya berwarna hijau dengan menggunakan jersey bertuliskan South Africa 2010. Warna hijau dan emas pada zakumi diambil dari warna tim nasional Africa Selatan. Pengambilan nama ZA di Zakumi berasal dari Afrika Selatan dan Kumi sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.

Maskot Fuleco tahun 2014

Diselenggarakan di negara yang meraih trophy terbanyak selama digelarnya piala dunia yaitu Brasil. Brasil sampai saat ini menjadi salah satu negara dengan raihan trophy terbanyak yaitu 5 trophy. Di piala dunia ini hewan kembali menjadi salah satu ikon maskotnya, hewan Armadilo dipilih karena menjadi salah satu spesies yang berasal dari Brasil dan dikategorikan hewan yang hampir punah. Nama dari maskot tersebut adalah Fuleco Armadilo.

Maskot Zabivaka tahun 2018

Gelaran piala dunia tahun ini FIFA memilih rusia sebagai tuan rumahnya. Negara yang berjulukan negeri beruang merah mengalahkan para pesaingnya untuk dapat menyelenggarakan ajang sepak bola 4 tahunan yang cukup prestisius. Dalam gelaran kali ini serigala dipilih untuk menjadi ikonnya. Maskot yang dirancang oleh mahasiswa ekaterina bocharova mendapatkan 53% suara, dan diikuti oleh harimau 27% lalu kucing sebesar 20%. Maskot piala dunia kali ini bernama Zabivaka yang berarti “the one who scores” nama tersebut sangat cocok dengan serigala ini karena menggambarkan kesenangan, pesona, dan kepercayaan diri, Dan memiliki karakteristik utama, yaitu :

– Dia menawan, percaya diri dan sosial dan selalu bermimpi menjadi bintang sepakbola

– Olahraga favoritnya adalah bermain sepak bola. Dia adalah pemain yang adil menghargai anggota timnya dan menghormati lawan-lawannya dan dia bermain dengan keterampilan dan tujuan.

– Dia selalu menyenangkan berada di sekitar sebagai joker dalam kemasannya. Dia tahu bagaimana membuat orang lain tertawa.

– Dia memakai kacamata olahraga yang keren saat dia beraksi dia yakin mereka memberinya kekuatan penargetan khusus di lapangan. Dan dia suka berpose untuk foto!

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)